SELAMAT DATANG KE BLOG SAYA : WONG SIEW SIAN D20112055730 EL-BP05(A121PJJ)

Tuesday 2 October 2012

9 FAKTA MENARIK MENGENAI DINOSAUR

Menurut sumber terbaru, Dinosaur dikatakan dapat bertahan selama lebih dari 700,000 tahun setelah bumi dihentam meteor raksasa, yang pada awalnya mengatakan dinosaur telah terus pupus. Berikut adalah beberapa fakta yang menarik tentang dinosaur

NO 9 - Nama Dinosaur Terpanjang



Dinosaur yang mempunyai nama paling panjang ialah "Micropachycephalosaurus" yang bermaksud "Keldai berkepala kecil". Fosil dinosaur jenis ini ditemukan di Tiongkok dan telah diberi nama pada tahun 1978 oleh paleontologi Tiongkok, Dong.

NO 8 - Dinosaur Tertua



Dinosaur tertua yang diketahui berusia 230 juta tahun, dan telah ditemukan di Madagaskar. Dinosaur jenis ini belum diberikan nama secara rasmi. Sebelum ditemui dinosaur ini, rekod yang tertua didunia adalah dari dinosaur jenis Euraptor yang berusia diperkirakan 228 juta tahun.

NO 7 - Dinosaur Berlari Tercepat



Dinosaurus tercepat adalah dari jenis Ornithomimids yang seperti burung unta, seperti Dromiceiomimus, yang mampu berlari dengan kecepatan hingga 60 km/jam.

NO 6 - Dinosaur Dengan Otak Terkecil



Stegosaurus memiliki ukuran otak sebesar buah kenari, dengan panjang 3 cm dan berat 75 gram. Dibandingkan ukuran otak dengan ukuran tubuh sauropodomorph, seperti Platesaurus, mungkin dinosaurus ini adalah dari jenis yang paling lambat.

NO 5 - Dinosaur Paling Tangkas



Salah satu dinosaurus paling tangkas adalah Troodon. Dinosaurus ini tergolong dalam pemburu yang panjangnya sekitar 2 meter. Memiliki ukuran otak seperti mamalia, dengan pengelihatan tajam (stereoskopik vision), dan cengkeraman tajam.

NO 4 - Telur Dinosaur Yang Terkecil



Telur dinosaurus terkecil yang telah ditemukan hanya sepanjang 3 cm, namun tidak diketahui dari jenis apa.

NO 3 - Dinosaur Terkecil



Fosil dinosaurus terkecil keseluruhannya dari jenis burung yang memakan tumbuhan seperti Lesothosaurus, yang hanya berukuran sebesar ayam. Contoh fosil yang lebih kecil telah ditemukan namun ianya masih merupakan bayi.

NO 2 - Dinosaur Terberat



Dinosaurus terberat adalah Brachiosaurus, yang beratnya sekitar 80 tan. Setara dengan berat 17 gajah Afrika. Brachiosaurus memiliki tinggi 16 m dan panjang 26 m, merupakan kerangka dinosaurus terbesar yang terpasang di muzium.

NO 1 - Dinosaur Tertinggi



Dinosaur yang tertinggi adalah Brachiosaurus dari keluarga sauropoda. Kaki depannya lebih panjang dan besar dari kaki belakangnya dan dikombinasikan dengan lehernya yang sangat panjang, dapat berdiri secara tegak, sehingga dapat mencapai pohon-pohon yang tinggi.

Jenis dari kelompok Brachiosaurus yang diketahui setinggi sekitar 13 meter purata. Jenis sauroposeidon tersebut besar dan dapat membesar sehingga mencapai 18,5 meter, sehingga merupakan dinosaurus tertinggi.

No comments:

Post a Comment